Jumat, 17 April 2015

Delapan (8) Tips Membangun Motivasi Pada Diri

Dalam Hidup ini tentunya kita ingin sukses, kesuksesan bisa kita raih jika kita bisa memotivasi diri kita. Tanpa motivasi apapun, akan sangat sulit bagi kita untuk meraih apa yang di cita - citakan. Akan tetapi tidak dapat di pungkiri, memang sangat cukup sulit untuk membangun motivasi di dalam diri kita sendiri. Bahkan mungkin kita tidak tahu pasti untuk membangun motivasi di dalam diri kita, padahal ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menumbuhkan motivasi tersebut.

Dan menurut saya Alternatif terbaik dalam menumbuhkan motivasi di dalam diri kita adalah sebagai berikut.

1.Mulailah dengan rasa senang.

 Jangan pernah merasa terbebani dengan tujuan hidup anda. Cobalah untuk menikmati dan menjalani hidup yang akan kita tempuh dengan rasa senang. Jika sejak awal anda "tidak suka" rasanya motivasi hiidup tidak akan pernah anda miliki.

2.Berlatih keras.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Tidak bisa tidak untuk berlatih, kita harus berlatih terus apabila kita ingin mendapatkan hasil yang terbaik. Pada dasarnya tidak ada yang tidak dapat kita raih jika kita terus berusaha dengan keras. Semakin giat kita berlatih, maka akan semakin mudah pula kita bisa mengatasi setiap kesulitan.

3.Ciptakan sensasi

Ciptakan sesuatu yang dapat "membangun" dan "membangkitkan" gairah anda saat pagi menjelang. Miisalnya, anda berpikir esok hari harus mendapat keuntungan sebanyak 1 Milyar Rupiah. Walau kedengarannya mustahiil, tapi sensasi ini terkadang menghasilkan sebuah semangat baru untuk kita berkarya lebih baik lagi, melebihi apa yang telah kita lakukan kemarin.

4.Kembangkan terus tujuan

Jangan hanya terpaku kepada satu tujuan yang sederhana. Tujuan hidup yang terlalu sederhana membuat kita tidak memiliki kekuatan lebih. Padahal untuk meraih sesuatu kita memerlukan tantangan yang lebih besar, untu mengerahkan kekuatan anda yang sebenarnya. Tujuan hidup yang besar akan membangkitkan motivasi dan kekuatan tersendiri dalam hidup kita.

5.Tetapkan Saat kematian.

Kita perlu memikirkan saat kematian, meskipun gejala kearah itu tidak dapat di prediksikan. Membayangkan saat - saat terakhir dalam hidup ini sesungguhnya merupakan saat - saat yang sangat sensasional. Kita dapat membayangkan "Flash Back' dalam kehidupan kita. Dari awal kita menjalani masa kanak - kanak, remaja, hingga tampil sebagai pribadi yang dewasa dan mandiri. Jika kita membayangkan "ajal" kita sudah dekat, Hal ini bisa menimbulkan sebuah motivasi untuk kita agar bisa berbuat lebih banyak lagi hal - hal positiv dalam kehidupan kita.

6.Tinggalkan teman yang tidak perlu

Jang pernah ada keraguan dalam hidup kita untuk meninggalkan teman - teman atau sahabat yang tidak bisa mendorong kita untuk mencapai tujuan. Sebab, siapapun teman kita, seharusnya mampu membawa kita kepada suatu perubahan yang lebih baik lagi. Ketahuilah bergaul dengan orang - orang yang optimis akan membuat kita bisa berpikir optimis juga. Bersama mereka hidup ini akan terasa lebih menyenangkan dan penuh dengan motivasi.

7.Hampiri bayangan ketakutan

Pada saat kita di bayangi dengan penuh rasa takut dan kecemasan yang mendalam, jangan pernah mencoba untuk melarikan diri darinya. Misalnya, selama ini kita takut akan menghadapi masa depan yang buruk. Datang dan nikmatilah rasa takut itu dengan mencoba untuk mengatasinya. Saat kita berhasil mengatasi rasa takut, saat itu pula lah kita berhasil meningkatkan keyakinan diri. Bahwa kita mampu mencapai hidup yang lebih baik.

8.Ucapkan "selamat datang" kepada setiap masalah.

Jalan untuk mencapai tujuan tidak selamanya semulus jalan TOL. Suatu saat kita akan menghadapi jalan yang terjal, menanjak dan penuh dengan bebatuan. Jangan memutar arah untuk mengambil jalan pintas. Hadapi terus jalan tersebut dan pikirkan cara terbaik untuk bisa melewatinya. Jika kita memandang masalah sebagai sesuatu yang mengerikan, maka kita akan semakin sulit untuk bisa termotivasi. Namun sebaliknya, bila kita selalu menghadapi setiap masalah, kita seakan memiliki energi dan semangat baru yang berlebihan untuk mencapai tujuan kita.

Kesimpulannya :

Motivasi dapat menumbuhkan semangat baru bagi kita untuk mencapai sebuah tujuan hidup. Motivasi yang kuat dalam diri kita, akan memiliki sebuah apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap hidup kita sendiri. Sehingga kita akan pernah untuk mengenal kata "ragu" dalam melangkah tuk mencapai visi dalam hidup kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate