Sabtu, 19 Desember 2015

Cara Menjadikan Handphone Android Sebagai Remote TV


Smarphone android adalah handphone canggih yang memiliki banyak fitu - fitur canggih diantaranya ialah dengan menjadikannya sebagai remote controle (Remote TV). Dengan menjadikan android sebagai remote untuk mengontrol TV akan membuat anda menjadi tidak merasa repot atau sibuk untuk mencari remote, mengingat smarphone android selalu berada di tangan anda.

Dengan menjadikan android sebagai remote control TV akan membuat anda bisa mengatasi kendala remote yang rusak, misalnya pas anda sedang asyik menonton siaran lain kemudian jeda iklan dan anda ingin memindahkan chanel tapi tiba - tiba remote TV anda rusak atau kehabisan tenaga sehingga tidak bisa berfungsi, anda bisa dengan mudah memindahkan channel sesuka hati anda dengan cara menjadikan android anda sebagai remote TV.

Selain fitur untuk menjadikan handphone android anda sebagai remote TV, anda juga bisa menggunakan android anda sebagai remote control untuk DVD player, AC (Air Conditioner), Sound Sistem, Home Theater serta berbagai macam peralatan yang tentunya menggunakan fitur remote control.

Meski demikian, hal yang perlu untuk anda ketahui ialah tidak semua smarphone yang anda gunakan bisa di jadikan sebagai remote TV. Anda bisa mengecek terlebih dahulu spesifikasi yang ada di smarphone anda, apakah mendukung atau belum. Jika belum mendukung anda bisa menggunakan aplikasi tambahan pihak ketiga yang banyak tersedia di App Play Store.

Untuk menjadikan Smarphone menjadi remote TV di sini akan saya bahas dalam 2 versi :

1. Menjadikan Android sebagai remote TV dengan aplikasi bawaan smarphone.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya di atas, semua smarphone berbeda dan tidak semua smarphone memiliki fitur bawaan yang bisa menjadikan android sebagai remote TV seperti halnya Samsung Galaxy S4, Galaxy S5, Galaxy Note 3 dan Sony Xperia sudah di lengkapi dengan fitur bawaan yang bisa di gunakan sebagai remote control.

Smarphone yang memiliki fitur bawaan dari android bersifat Universal, seperti halnya smarphone dari vendor Samsul yang bersifat universal yang bisa di gunakan sebagai remote control berbagai jenis alat electronik serta berbagai macam merk electronik seperti Samsung, Sony, LG, Panasonic, Toshiba Dll. Aplikasi bawaan remote control TV itu bernama WatchOn, berikut ini cara penggunaannya.

~ Pertama - tama buka dan jalankan aplikasi WatchOn
~ Klik select Country or Region
~ Pilih negara tempat tinggal anda (misal Indonesia)
~ Pilih jenis TV berbayar yang anda gunakan (jika tidak ada, anda bisa memilih Indovision)
~ Langkah berikutnya akan timbul sebuah icon yang berbentuk seperti sebuah remote, yang harus anda lakukan ialah mencari tulisan setting untuk TV anda.
~ kemudian klik continue untuk melanjutkan penyettingan/pengaturan
~ Anda akan di arahkan untuk memilih merk TV yang anda gunakan. (kalau tidak ada merk TV anda bisa klik Show Other Brands)
~ Jika anda sudah menentukan jenis TV yang anda gunakan, kemudian anda bisa mengklik tombol Power untuk menghidupkan TV anda.
~ Disini yang harus anda perhatikan ialah memperhatikan, apakah TV anda bisa menyala dengan sempurna pada saat anda menekan tombol power, jika iya klik yes dan jika tidak klik send this code on untuk mengulangi pengaturan ulang.
~ Selanjutnya klik My TV (Merk TV)
~ langkah berikutnya ialah mengklik tombol Done yang menandakan smarphone anda sudah terhubung dengan TV anda.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Bagi anda yang menggunakan smarphone yang belum di lengkapi dengan fitur remote bawaan smarphone, anda bisa memanfaatkan GooGle App Play Store untuk mencari serta mendownload aplikasi remote control. Di google Play Store terdapat banyak sekali aplikasi remote control tersedia, dan semuanya serta layak untuk di berikan jempol, tapi kalau admin sendiri lebih suka menggunakan aplikasi IR Remote. berikut cara menggunakannya

~ Pertama - tama download dulu aplikasi IR Remote
~ Jalankan aplikasi
~ Anda akan melihat menemukan beberap menu, yang harus anda pilih ialah IR Database
~ Pilih brand atau merk TV anda
~ Selanjutnya anda akan di bawa ke sebuah interface yang terlihat seperti sebuah remote TV
~ Dengan interface antar muka tersebut anda bisa mengganti channel atau mengubah suara, misal mengecilkan atau memperbesar.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate