Sabtu, 19 Desember 2015

Cara Menjadikan Android Sebagai CCTV



Smarphone android saat sekarang ini sangat di gemari oleh khalayak ramai, apalagi bagi kaum remaja. Karena Handphone jenis android tidak henti - hentinya menimbulkan fitur - fitur yang baru serta canggih yang tentunya untuk membuat para pengguna merasa nyaman.

Seperti yang saya katakan tadi diatas, smarphone tidak henti - hentinya menyajikan sesuatu yang baru dan tentunya canggih serta sangat berguna untuk kita semua.

Sering dengar istilah CCTV? ya, tentu saja kata CCTV sudah tidak asing lagi bagi kita semua.... Hmmm... mungkin masih ada diantara kita yang tidak tahu apa itu CCTV. CCTV adalah sebuah singkatan dari Closed Circuit Television yang bisa di artikan sebagai suatu sistem yang menggunakan video camera untuk menampilkan serta merekan objek - objek yang ada di sekitar dengan menggunakan camera dan menampilkannya di suatu tempat tertentu yang mana perangkat akan tersambung dengan signal yang bersifat tertutup.

Sekarang ini anda bisa menjadikan smarphone android anda sebagai sbuah CCTV, tentunya dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bisa anda download melalui App Playstore. App Play Store adalah gudang aplikasi yang di ciptakan oleh mbah GooGle, di sana banyak sekali tersedia aplikasi yang bisa di gunakan untuk membuat smarphone android anda menjadi sebuah CCTV, tapi kali ini saya akan membahas tentang suatu aplikasi yang menurut saya simple di gunakan yaitu IP Webcam, untuk menggunakannya sebagai berikut :

1. Download dan install dulu aplikasi IP Webcam

2. Kemudian jalankan

3. Selanjutnya Setting/atur IP Webcam mulai dari kualitas gambar, suara dll.

4. Setelah semua sudah anda atur, ;angkah selanjutnya ialah mencari tulisan Star Server kemudian klik

5. Di tab/menu selanjutnya akan menampilkan sebuah link yang bertuliskan tentang alamat URL Alamat IP Adress dari perangkat anda. Simpan URL tersebut karena alamat URL tersebutlah yang nantinya kita gunakan untuk melihat hasil rekaman yang telah kita buat tadi menggunakan android kita.

6. Selanjutnya buka computer/laptop anda kemudian buka browser di PC anda, bisa menggunakan GooGle Chroom, Mozilla atau yang lain sebagainya. Kemudian masukkan URL IP Adress yang di tampilkan IP Webcam di sidebar browser anda.

7. Jika anda menempelkan URL dengan benar maka anda akan di transfer ke suah laman yang secara otomatis akan terkoneksi ke android dan menampilkan sebuah video hasil. Tapi sebelumnya anda harus memastikan jika Aplikasi IP Webcam dalam keadaan ON.

8. Selesai

Jika anda tidak memiliki PC anda juga bisa kok menonton hasil tangkap kamera CCTV yang anda ambil dengan menggunakan browser yang ada di android, yang terpenting disini signal/jaringan yang anda gunakan kencang.

Tadinya saya ingin membuat sebuah video tutorialnya, tapi karena akun youtubenya lagi bermasalah jadi ya, harap bersabar aja ya :)

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Mungkin anda tertarik untuk membaca tentang Cara Menjadikan Android Sebagai Remote Controle


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate